Home » » Oleh-oleh Khas Medan

Oleh-oleh Khas Medan



Kota Medan menyimpan banyak kuliner khas yang lezat untuk dicicipi, bahkan cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Oleh-oleh khas Medan dari jenis makanan ada begitu banyak jenisnya. Hampir semua oleh-oleh tersebut sudah memiliki nama yang cukup terkenal bahkan di seluruh pelosok nusantara. Jika Anda berkunjung ke kota Medan jangan lupa untuk membeli oleh-oleh berikut ini.

1. Bika Ambon
Seperti yang kita tahu, Bika Ambon bukanlah dari Ambon melainkan dari kota Medan. Merek yang terkenal adalah Bika Ambon Zulaikha. Tokonya di jalan Mojopahit nomor 62 Medan. Ada berbagai rasa pula yang ditawarkan bika ambon Medan, seperti rasa pandan dan durian. Bika Ambon yang enak adalah bika dengan serat yang sempurna di bagian dalam dan rasanya lembut dengan sensasi lemak di ujung lidah. Bahan utamanya terbuat dari tepung tapioka, santan, gula, telur, dan air nira.

2. Bolu Meranti
Bolu Meranti dapat ditemukan di gerainya Jalan Kruing nomor 2K Medan atau Cabang Bolu Meranti di Jalan Sisingamangaraja nomor 19B tepatnya di seberang Garuda Plaza Hotel. Bolu Meranti sepintas mirip Lapis Surabaya yaitu kue bolu yang diberi selai. Kue ini memiliki banyak varian rasa sepert keju, mocca, kacang, strawberry, nanas, blueberry, cappucino,  cokelat,  abon ayam dan lain-lain. Produk bolu gulung ini bisa bertahan 3 hari diluar lemari pendingin. Namun, di hari ketiga sebaiknya segera dimasukkan ke dalam kulkas agar rasanya tetap nikmat.

3. Sirup Markisa
Sirup markisa adalah salah satu oleh-oleh khas Medan. Ada banyak toko yang menjual sirup markisa botolan. Biasanya harga satu botol sirup markisa dibandrol Rp 25-30 ribu. Beberapa merek yang menawarkan jus buah dengan sensasi bulir asli ini. Beberapa diantaranya adalah Sirup Markisa Jus Pohon Pinang dan Sirup Markisa Sarang Tawon. PT Maju Jaya Pohon Pinang selaku produsen sirup Markisa Jus Pohon Pinang didirikan sejak 1982 di Medan, Sumatra Utara. Sirup Markisa merupakan komoditi unggulan dari kota Brastagi.

4. Lemang
Lemang adalah makanan yang terbuat dari beras pulut yang dibakar di dalam sepotong bambu. Penjual lemang bisa ditemukan di Jalan Flamboyan, Jalan Gatot Subroto dan Jalan Bromo Medan. Harganya sekitar Rp 20-25 ribu per bambu atau Rp 5 ribu per porsi. Lemang dalam bambu yang belum dibelah tahan dua hari sedangkan yang sudah dibuka hanya tahan satu malam.

5. Durian Medan
Medan tidak bisa dipisahkan dengan buah durian. Sebagai oleh-oleh, para pedagang durian menjual durian yang sudah dikupas dan dikemas dengan rapih sehingga aroma durian yang menyengat tidak tercium lagi. Durian kupas ini bisa dibawa langsung atau dikirim melalui paket. Salah satu kios penjual durian yang terkenal di Medan adalah Durian Ucok yang berlokasi di Jl. Iskandar Muda dan Jl Wahid Hasyim. Harga durian yang dijual berkisar antara Rp 20 - 40 ribu per buah. 
Durian Ucok menjamin apabila buahnya dirasa tidak enak, akan ditukar dengan buah yang baru secara gratis. Citarasa durian Medan yang manis, pahit, legit dan kering menjadi favorit para penikmat durian.

6. Pancake Durian
Berbagai produk olahan durian di Medan bermunculan dan cukup populer untuk dijadikan buah tangan. Salah satunya adalah pancake durian. Salah satu penjualnya adalah Durian House yang berada di Jalan Sekip Nomor 67 dikabarkan memiliki pancake yang paling enak diantara ratusan toko pancake di Medan.
Durian House menyediakan berbagai jajanan olahan durian seperti pancake durian, bolu durian, dan dodol durian. Rasa yang ditawarkan pun beragam, ada rasa coklat, rasa original, dan lain-lain, namun rasa duriannya tetap melekat kuat.

7. Teri Medan
Ikan Teri Medan terkenal seantero Nusantara karena rasanya yang gurih dan lezat. Jenis ikan teri ini ditandai oleh bentuknya yang kecil dan putih. Ada dua jenis ikan teri Medan yakni ikan teri toge Medan yang ditandai dengan ukurannya yang sedikit lebih besar/lebih kasar dibanding jenis lainnya, dan berwarna putih.
Untuk mencari teri medan bisa didapatkan di pasar-pasar tradisional misalnya di pusat pasar atau pasar Sambu. Harga untuk ikan teri nasi Rp60.000-Rp75.000 per kilogram. Sedangkan teri toge dijual seharga Rp55.000-Rp60.000 per kilogram. Atau yang ingin membeli sudah dalam kemasan, bisa order kepada Teri Bajak Medan, yang menyajikan semenarik mungkin untuk memudahkan Anda dalam pemesanan. Untuk pemesanan Teri Bajak Medan silakan menghubungi 08116155866.

Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis Copyright © 2011. Resep Sajian Indonesia - All Rights Reserved