Home » , » Tips Mengolah Udang

Tips Mengolah Udang



Indonesia adalah negeri kaya dengan potensi laut, sehingga sebagian masyarakatnya gemar mengkonsumsi beraneka ikan laut. Salah satunya adalah udang. Udang kaya akan kalsium dan protein tetapi rendah energi. Biasanya udang disajikan sebagai menu utama atau sekedar penambah rasa gurih pada makanan. Agar citarasa yang dihasilkan menjadi lebih sempurna, perhatikan beberapa tips mengolah udang sebagai berikut.

Dibakar atau dipanggang

Untuk menyajikan udang bakar atau panggang, sebaiknya memakai udang jenis besar yang disajikan dalam bentuk utuh. Untuk itu udang harus dicuci dulu di bawah air mengalir hingga bersih.

Mula-mula, cuci seluruh bagian ekor hingga kepala sampai bersih. Lalu, gores sedikit punggungnya memanjang dengan pisau, keluarkan kotoran yang berupa benang hitam. Bilas lagi sampai bersih.

Rendam udang dengan bumbu selama 30 menit agar bumbu meresap, kemudian siap untuk diolah.

Udang Kupas

Udang kupas biasanya kita temui untuk campuran hidangan tumis atau sup. Biasamya dipilih udang jenis kecil (udang peci, jerbung)

Cara membersihkannya cukup dikupas saja kulitnya dan dibuang kepalanya, lalu bilas sampai bersih. Jika akan dimasak, udang bisa dirangrai dulu untuk menghilangkan kandungan air dan mengunci sari udang sehingga udang terasa gurih. Udang siap dimasukkan ke dalam bumbu tumis.

Kaldu Udang

Jangan sia-siakan sisa kulit dan kepala udang, sebab bagian tersebut masih bisa digunakan untuk membuat kaldu.

Caranya, cuci kepala dan kulit udang hingga bersih, rebus bersama kayu arang yang sudah dicuci bersih hingga kepala udang berubah warna. Kayu arang dapat menghilangkan racun udang. Kemudian angkat dan saring kaldunya. Kaldu ini siap untuk diolah lebih lanjut.

Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis Copyright © 2011. Resep Sajian Indonesia - All Rights Reserved